Jajangmyun - Korean Black Bean Noodle



Jajangmyeon (자장면; 짜장면) adalah makanan Korea populer, berasal dari masakan Cina zha jang mian. Isinya adalah mi gandum dengan topping saus kental yang terbuat dari chunjang (pasta kedelai hitam asin), potongan daging dan sayuran, dan kadang ada seafood. Jajang (juga dibaca jjajang), adalah nama sausnya, adalah penyebutan Korea dari karakter Cina 炸醬 yang jika diartikan secara kasar artinya "saus goreng", Myeon artinya "mie"

Mie

Jajangmyun menggunakan mie tebal yang terbuat dari tepung gandum. Mienya, yang adalah handmade, disebut sutamyeon dipuji di Korea sebagai bahan penting dari sebuah jajangmyeon yang baik.

Saus

Saus terbuat dari pasta kacang kedelai hitam, disebut chunjang. Pastanya dibuat dari kacang kedelai panggang dan karamel, disebut sebagai chunjang (secara kasar artinya "pasta musim semi") saat didinginkan, sedangkan saus yang panas (mengandung sayuran dan daging/seafood) disebut jjajang (secara kasar artinya "saus goreng". Chunjang adalah bawang putih yang diaduk dan di goreng, daging giling (bisa sapi atau babi) atau potongan seafood, dan bahan-bahan lainnya. Saat memasak saus, biasanya daging ditambahkan untuk mengurangi rasa asin dari chunjang yang dimasak, dan tepung kentang atau jagung ditambahkan untuk memberikan kekentalan pada saus. Saus dihidangkan diatas mie panas, kadang dengan irisan timun mentah.

Jjajangmyun selalu dihidangkan bersama sedikit danmuji. Hidangan ini biasa disiapkan lengkap dengan potongan bawang putih mentah, cuka beras yang di fermentasi, bersama dengan saus jajang. Makan malam dengan mie bersama danmuji dan bawang putih yang dicelupkan ke saus jjajang.

0 komentar:

Post a Comment